Contoh Saran Untuk Sekolah

Contoh Saran untuk sekolah tentang penggunaan Bahasa Indonesia

Berdasarkan simpulan dan implikasi di atas, peneliti dapat memberikan saran berikut:

  1. Guru hendaknya memanfaatkan iklan media televisi dan iklan media cetak, sebagai salah satu bahan pengajaran bahasa Indonesia di sekolah sehingga dapat menambah pengetahuan siswa mengenai perkembangan pemakaian bahasa Indonesia dalam ranah periklanan.
  2. Siswa sebaiknya dapat memanfaatkan wacana iklan baik media televisi maupun media cetak untuk menambah wawasan mengenai perkembangan bahasa di masyarakat.
  3. Pembuat iklan hendaknya jangan melebih-lebihkan kualitas produk yang ditawarkan, jika tidak sesuai dengan kondisi aslinya. Dengan demikian tujuan utama dari sebuah periklanan tidak hanya mengedepankan produknya dapat laris di pasaran namun juga mampu memberikan informasi yang berguna bagi masyarakat.

Contoh Saran untuk sekolah tentang sarana sekolah

Berkaitan dengan simpulan dan implikasi di atas, maka peneliti
mengajukan saran-saran sebagai berikut:

1. Bagi Siswa

  • Dalam mengikuti pembelajaran menulis karya ilmiah, siswa disarankan lebih aktif dan mengikuti setiap kegiatan pembelajaran dengan perasaan senang. Hal ini dikarenakan adanya rasa senang terhadap pembelajaran dapat menumbuhkan keingintahuan terhadap materi yang dipelajari dan memudahkan siswa untuk mendalami materi tersebut.
  • Siswa hendaknya memberdayakan keberanian untuk mengungkapkan kesulitan-kesulitannya dalam pembelajaran kepada guru dengan cara yang sopan, serta mengemukakan dengan santun saran dan masukan-masukan penting lainnya sebagai sarana perbaikan bagi guru dalam mengajar.
  • Siswa hendaknya lebih rajin dalam berlatih menulis karya ilmiah agar dapat menghasilkan tulisan yang baik. Selain itu, ada baiknya siswa memperbanyak kegiatan membaca. Hal ini karena selain dapat memperluas wawasan, sembari membaca siswa dapat mencermati penggunaan bahasa yang baik dalam tulisan sehingga dapat meningkatkan penguasaan kaidah bahasa tulis dan mendukung kemampuannya dalam menulis karya ilmiah.
  • Siswa hendaknya lebih aktif dan bersungguh-sungguh dalam mempraktikkan teknik peer-correction dalam pembelajaran menulis karya ilmiah, yaitu dengan menukarkan hasil karangannya untuk saling dikoreksi kemudian diperbaiki berdasarkan feedback yang diberikan oleh guru sehingga kualitas hasil tulisannya semakin baik dan kemampuan menulis karya ilmiahnya terus meningkat.

2. Bagi Guru

  • Para guru, khususnya bidang studi bahasa Indonesia hendaknya dapat menerapkan teknik peer-correction dalam mengajarkan materi pembelajaran menulis lain yang sesuai dengan karakteristik teknik peercorrection.
  • Guru hendaknya membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sesuai format yang terbaru (ada apersepsi, eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi) setiap hendak mengajar sebagaimana yang dibuat bersama peneliti selama berlangsungnya penelitian.
  • Guru hendaknya memberikan lebih banyak kesempatan kepada siswa untuk berlatih menulis agar kemampuan menulis siswa meningkat.

3. Bagi Sekolah

  • ┬áPihak sekolah hendaknya menambah sarana dan fasilitas belajar-mengajar yang berkaitan erat dengan pembelajaran menulis karya ilmiah, misalnya dengan memperbaharui dan mencukupi persediaan buku-buku di perpustakaan yang dapat digunakan oleh siswa sebagai sumber penulisan karya ilmiah agar kegiatan pembelajaran lebih optimal.
  • Pihak sekolah hendaknya dapat memotivasi dan memfasilitasi guru dalam meningkatkan kemampuan mengajar. Baik dengan mengikut-sertakan guru dalam kegiatan seminar, workshop, penataran, maupun dengan mendukung guru untuk melakukan berbagai penelitian dalam pendidikan dan pengajaran.

Contoh Saran dalam karya ilmiah

Contoh Saran Karya Ilmiah untuk Bank

Beberapa saran yang dapat penulis berikan kepada PT. BPR adalah sebagi berikut :

  1. PT. BPR sebaiknya menciptakan diversifikasi produk yang berhubungan dengan deposito seperti deposito on call dan
    sertifikat deposito. Tujuan dari menciptakan diversifikasi produk ini agar deposan bisa memilih dalam menempatkan dananya tidak hanya pada jenis deposito berjangka dan deposito Automatic Roll Over/ARO,
    karena modal yang ditanam bisa berkembang lebih baik sehingga memberikan profit lebih besar kepada deposan.
  2. PT. BPR dalam mengelola dana deposito sebaiknya memberikan diversifikasi cara pengolahan dana seperti cadangan sekunder dalam bentuk Surat Berharga berupa saham dan obligasi yang dapat ditanamkan pada bank lain.

Contoh Saran Karya ilmiah tentang pembuatan sistem

Adapun saran yang dapat disampaikan dalam pembuatan sistem ini agar
sistem dapat bekerja dengan baik dan menuju tahap kesempurnaan adalah :

  1. Karena sistem informasi transaksi perbankan deposito ini belum dilengkapi dengan fasilitas backup file, maka diperlukan pembuatan backup file untuk mencegah kemungkinan kehilangan atau kerusakan file.
  2. Masih perlu dikembangkan aplikasi program yang dapat mengakses laporan keuangan.
  3. Agar sistem dapat berjalan dengan baik, sebaiknya dilakukan perawatan pada program tersebut atau maintenance system.

Contoh Saran laporan

Contoh Saran Laporan PKL di Kantor Pajak

Berdasarkan dari kesimpulan dan kelemahan diatas, maka penulis
memberikan saran yang diharapkan dapat memperbaiki dan
meningkatkan pelaksanaan pelaporan SPT Masa PPN. Saran tersebut diantaranya:

  1. Kendala yang dihadapi dalam pelaporan SPT adalah masih banyaknya Wajib Pajak yang belum lengkap dalam mengisi SPT. Penulis menyarankan lebih meningkatkan penyuluhan tentang tata cara pengisian SPT agar Wajib Pajak tidak salah dalam mengisi SPT.
  2. Bagi Account Representative yang bekerja di wilayah Kabupaten diharapkan lebih optimal dalam melakukan pengawasan dan penegakan hukum kepada Wajib Pajak. Hal ini akan membuat Wajib Pajak tidak berani melakukan pelanggaran sehingga tingkat kepatuhan Wajib Pajak akan semakin meningkat.
  3. Meningkatkan kualitas pelayanan dengan berlandaskan 4 K, yaitu keamanan, kenyamanan, kelancaran, dan kepastian hukum. Kualitas pelayanan yang baik akan mencerminkan institusi tersebut jauh dari tindakan yang merugikan negara, sehingga akan tercipta kepatuhan yang maksimal dalam hal pemenuhan kewajiban perpajakan di wilayah Kabupaten.

Contoh Saran Laporan PKL di Kantor CV

  1. Sebaiknya CV. Multi lebih banyak mengadakan riset tanaman melon sehingga tercipta varietas unggulan yang baru.
  2. Sebaiknya riset tanaman untuk menghasilkan benih unggulan ini dilakukan pada semua jenis tanaman hortikultura, untuk meningkatkan kualitas benih yang ada di Indonesia.

Contoh Saran untuk sekolah smk

Contoh Saran untuk sekolah smk tentang wawasan kebangsaan

Berdasarkan kesimpulan dan implikasi di atas, maka penulis mengemukakan saran-saran sebagai berikut:

  1. Bagi Siswa
    Siswa hendaknya dapat mengerti dan memahami bahwa wawasan kebangsaan merupakan hal yang sangat penting. Karena Wawasan kebangsaan dapat menyadarkan semua warga negara akan pentingnya arti hidup bersama atas dasar persembahan status dan hak di muka Undang-undang yang akan menjamin ketentraman seluruh bangsa.
  2. Bagi Pendidik
    Pemahaman wawasan kebangsaan mempunyai peranan dalam menumbuhkan sikap integrasi nasional. Maka diharapkan keikutsertaan dari para pendidik untuk memotivasi para siswa agar lebih memahami wawasan kebangsaan sehingga dapat menjadi siswa yang memiliki sikap integrasi nasional yang baik.

Contoh Saran untuk sekolah smk tentang pendidikan karakter

Berdasarkan kesimpulan dan implikasi, maka dapat dikemukakan saran untuk berbagai pihak:

  1. Siswa, Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Siswa hendaknya lebih antusias dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah agar dapat memperbaiki karakter siswa.
  2. SMK Negeri 2, Hendaknya semua civitas SMK Negeri 2 lebih mendukung tentang kebijakan pemerintah dalam penerapan pendidikan karakter di sekolah.
  3. Penelitian Selanjutnya, Penelitian ini masih dalam ruang lingkup terbatas, sehingga perlu dikaji model lain dari penerapan pendidikan karakter, tentunya di sekolah lain di Surakarta, baik sekolah negeri maupun swasta yang berbasis umum, keagaman, teknologi, budaya dan sebagainya.